Article Detail

PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Arahan Teknis Implementasi Strategi KBM Pendekatan Proyek Sekolah-Sekolah Tarakanita

a)    Melaksanakan pembelajaran, penugasan, dan penilaian model proyek lintas mapel jenjang SMK

b)    Penilaian dapat digunakan sebagai bagian dari Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk mapel yang dikolaborasikan

Latar Belakang :

a)    Pembelajaran yang Berorientasi pada Keterampilan Abad 21

b)    Communication

c)    Colaboration

d)    Critical Thinking & Problem Solving

e)    Creativity & Innovation

f)     Cara Berpikir dan Belajar Secara Holistik

g)    Peserta Didik sebagai Subyek Pembelajar

h)   Relevan dan Kontekstual

i)     Ketercapaian Keseimbangan Kompetensi

Tujuan :

a)    Membangun budaya belajar kolaboratif-holistik yang membantu peserta didik semakin berkembang secara lebih luas (mengarahkan berpikir holistik/global/menyeluruh)

b)    Memfasilitasi model pembelajaran student center dengan menekankan pada ketercapaian kompetensi secara utuh, peserta didik memahami konsep dengan membangunnya dari pengalaman belajar, mengembangkan kreasi, inovasi, dan kolaborasi melalui proyek yang dirancang dan dibuat

c)    Memfasilitasi pembelajaran yang menekankan pada kebutuhan masa depan (keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan)

d)    Menyediakan ruang pembelajaran karakter: competence, conviction, creativity

v  Membangun budaya literasi ilmiah peserta didik sehingga mampu mengelola berbagai sumber belajar secara benar dan bertanggungjawab.

Tindak Lanjut dalam KBM :

a)    Dalam Pelajaran Googleclass ditambahkan Mata Pelajaran (Topik) : Pelajaran Kolaborasi.

b)    Penilaian dilakukan secara terintegrasi yang meliputi penilaian dari semua mata pelajaran produktif, dan mata pelajaran yang terkait.

c)    Mata pelajaran yang terkait : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Simulasi Digital, dan kepawirisataan. (Bu-Was)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment